Sabtu, 31 Oktober 2009



TERUS TERANG
Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah (Amsal 27:5-6)

Berbicara merupakan salah satu aktivitas setiap manusia normal. Tentu saja, berbicara bukan asal-asal saja, karena berbicara memiliki maksud tertentu. Bahkan, ada juga berbicara sebagai basa basi belaka, sehingga membutuhkan kesanggupan interpretasi dan ketajaman pribadi untuk memahaminya. Dalam hal ini berbicara tidak lagi mengambarkan keadaan apa adanya, melainkan sesuatu yang harus ditafsirkan!

Perenungan ini mengajak kita untuk berbicara secara jujur, apa adanya. Rasul Paulus sungguh risau ketika ia mengatakan ‘16 Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu? (Galatia 4:16)’. Kejujuran orang beriman dalam berbicara diteladankan juga oleh Tuhan Yesus.

YESUS BERTERUS TERANG
- Markus 8:32 hal ini dilakukan dengan terus terang. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia. Yohanes 11:14 - Karena itu Yesus berkata dengan terus terang “Lazarus sudah mati”. Yoh 18:20 Jawab Yesus kepadanya: “Aku berbicara terus terang kepada dunia: Aku selalu mengajar di rumah-rumah ibadat dan di Bait Allah, tempat semua orang Yahudi berkumpul. Aku tidak pernah berbicara sembunyi-sembunyi. – Paulus Kis 26:26, 31 berbicara terus terang –Yusuf Kejadian 37:2 kejujurannya berbicara apa adanya sehubungan dengan kehidupan saudara-saudaranya. Yusuf tidak menyembunyikan kejahatan-kejahatan saudaranya demi memelihara hubungan baik dengan saudaranya. Ia juga tidak takut mendapat perlakuan tidak baik dari saudaranya karena bicaranya. Sebaliknya, saudara-saudaranya memiliki rasa solidaritas semu dalam bersikap terhadap Yusuf saudaranya yang dibenci karena suka melaporkan kejahatan-kejahatan saudara-saudaranya ketika menggembalakan ternak.

AKTUALISASI TERUS TERANG
Mungkin hanya sedikit diantara kita yang mau dan mampu bersikap seperti keterus terangan Yusuf terhadap perilaku saudara-saudaranya. Sangat beralasan kalau kita lebih memilih diam, asalkan selamat. Demi kebersamaan kita memilih diam, tidak berbicara yang sesungguhnya dan akibatnya berarti membuat sesuatu menjadi lebih buruk lagi. Berikut ini ada beberapa pengajaran Firman mengenai berbicara terus terang, yaitu:

 Pr 28:23 Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi dari pada orang yang menjilat.
 Le 19:17 Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia.
 Mt 18:15 "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.
 Ga 2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil, aku berkata kepada Kefas di hadapan mereka semua: "Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkau dapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?"
 1Ti 5:20 Mereka yang berbuat dosa hendaklah kautegor di depan semua orang agar yang lain itupun takut.


Suatu hal yang pasti, keterus terangan itu bukanlah kata lain dari benci. Tetapi, sebaliknya, keterus terangan yang berdasarkan kasih. Kasih karena keinginan agar hidup kebersamaan kita menjadi lebih berkualitas di hadapan Tuhan dan sesama.

1 komentar:

  1. Pak saya suka dengan tulisan ini. Mohon Ijin copy - paste di blog saya di renungan.malam.or.id

    -Riyanto Wibowo-

    BalasHapus

RENUNGKAN FIRMAN

RENUNGKAN FIRMAN

Pengikut