Sabtu, 31 Oktober 2009


MENUNTUT ILMU
Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya menghajar dia pada waktunya (Amsal 13:24)



DIDIKAN TUHAN ATAS ORANG BERIMAN -
Ada yang mengandaikan jalan ilmu lebih mirip seseorang yang sedang berada di medan perang. Untuk memenangkan suatu peperangan tidak ada kesempatan untuk bermanja-manja. Peperangan yang dilakukan terutama menghadapi musuh musuh antara lain sejumlah pengaruh buruk lingkungan sosial-budaya, lingkungan rumah yang bisa juga memberikan pengaruh buruk untuk terciptanya semangat belajar seseorang. Luas wilayah peperangan akan semakin bertambah seiring dengan pertumbuhan pergaulan seseorang ketika beranjak menjadi dewasa. Suatu hal yang pasti siapa yang terlena maka ia akan kalah oleh berbagai pengaruh lingkungan, khususnya yang merusak semangat belajar.
Dalam Alkitab kita boleh belajar tentang cara Tuhan mendidik umat pilihanNya belajar, termasuk melalui pengalaman mereka sebagai budak di Mesir, demikian juga dengan Padang Gurun selama 40 tahun, bahkan pembuangan Babel. Melalui berbagai pengalaman pahit tersebut, Tuhan menginginkan agar umat pilihan menjadi orang yang terujui oleh zaman untuk menjadi umat-teladan dengan jiwa patriot, demikian juga di bidang ilmu.

1. Berbahagialah orang yang Kauhajar, ya TUHAN dan yang Kauajari dari TauratMu (Mazmur 94:12)
2. Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! (Wahyu 3:19)
3. Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gadaMu dan tongkatMu, itulah yang menghibur aku (Mazmur 23:4) -
4. TUHAN menghajar aku dengan keras, tetapi Ia tidak menyerahkan aku kepada maut (Mazmur 118:18)
5. Sesungguhnya, berbahagialah manusia yang ditegur Allah; sebab itu janganlah engkau menolak didikan Yang Mahakuasa (Ayub 5:17)
6. Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik, supaya kita tidak akan dihukum bersama-sama dengan dunia (I Kor 11:32) -
7. Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya diantara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seseorang akan yang lain sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu (Kolose 3:16)
8. Mereka benci kepada yang memberi teguran di pintu gerbang, dan mereka keji kepada yang berkata dengan tulus ikhlas. (Amos 5:10)
9. Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihiNya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi (Amsal 3:12)
10. Karena Tuhan menghajar orang yang dikasihiNya, dan Ia menyesah orang yang diakuiNya sebagai anak (Ibrani 12:6)
11. Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihiNya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi (Amsal 3:12)



4 MANFAAT DIDIKAN KERAS
Pemahaman bahwa kesadaran menuntut ilmu bagaikan seseorang yang sedang berada di medan perang melahirkan konsep disiplin yang secara harga mati tidak boleh diperjual belikan dengan imbalan apa pun juga. Kebenaran konsep itu semakin terbuktikan dalam situasi kehidupan modern, khususnya berkaitan dengan semakin membanjirnya tantangan dalam menuntut ilmu, dalam berbagai bentuknya.

(1)DEMI JALAN YANG BENAR - Didikan yang keras adalah bagi orang yang meninggalkan jalan yang benar, dan siapa benci kepada teguran akan mati (Amsal 15:10) - Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya (Amsal 19:18) - (2)MENGUSIR KEBODOHAN - Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya (Amsal 22:15) - (3)MENDATANGKAN HIKMAT - Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya (Amsal 29:15) - (4)JALAN KEHIDUPAN DI HARI TUA - Karena perintah itu pelita, dan ajaran itu cahaya, dan teguran yang mendidik itu jalan kehidupan (Amsal 6:23)Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu (Amsal 22:6) - Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu (Amsal 29:17)


Diskusikanlah 10 tantangan yang ada di lingkungan, dan pribadi anda sendiri yang bisa merusak keberhasilan menuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENUNGKAN FIRMAN

RENUNGKAN FIRMAN

Pengikut